Atik, Indriati Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH PESERTA DIDIK SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2221Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1746Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan penalaran ilmiah peserta didik kelas XII SMA Negeri 13 Bandar Lampung pada materi pewarisan sifat. Sampel penelitian dipilih dari populasi melalui teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas XII MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent pretest-posttest control group design. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SSCS sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pretes-postest kemampuan penalaran ilmiah dalam bentuk soal uraian yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dalam penelitian kemudian dianalisis mengunakan uji independent sample t-test, karena sampel yang digunakan berdistribusi normal dan juga homogen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa model SSCS berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penalaran ilmiah peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,46 termasuk kriteria sedang sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,22 termasuk kriteria rendah. Peningkatan tertinggi pada kelas eksperimen terjadi pada aspek penalaran probabilistic reasoning dengan kriteria sedang (N-Gain = 0,42), dan peningkatan terendah pada aspek combinatorial reasoning kriteria sedang (N-Gain = 0,36). Penggunaan model SSCS terhadap penalaran ilmiah diukur dengan effect size berpengaruh sebesar 1,47 termasuk kategori besar. Berdasarkan hasil angket, 78,43% peserta didik setuju bahwa proses pembelajaran model SSCS membuat mereka lebih aktif dalam pembelajaran dan mencapai pemahaman yang baik pada materi pewarisan sifat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model SSCS berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan penalaran ilmiah peserta didik, serta mampu diterima dengan baik oleh peserta didik. Kata kunci: Model Search, Solve, Create, and Share, Penalaran Ilmiah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308725586 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 02:44 |
Terakhir diubah: | 16 Feb 2024 02:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78956 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |