PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS HANDS ON EXPERIENCE TERHADAP LITERASI SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Hasna Rizqiani, Azizah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS HANDS ON EXPERIENCE TERHADAP LITERASI SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (326Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1481Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1870Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu literasi sains anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis hands on experience terhadap literasi sains anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 48 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan terdapat pengaruh positif model pembelajaran discovery learning berbasis hands on experience terhadap literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK Mekar Wangi. Dengan indikator menarik kesimpulan sebagai indikator dominan yang berpengaruh sebesar 24,1%, dan indikator membuktikan hipotesis sebagai indikator paling kecil pengaruhnya sebesar 13,2%. Beberapa faktor yang dapat menjadi penghambat kurangnya pengaruh indikator membuktikan hipotesis yaitu model pembelajaran discovery learning berbasis hands on experience tidak efisien untuk mengajar jumlah siswa yang terlalu banyak, dan model ini memiliki asumsi bahwa semua siswa memiliki kesiapan pikiran untuk belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2308800859 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:57
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79425

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir