Marga, Subaidah (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI SDN 03 PENUMANGAN BARU KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
menyetujui.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf - Published Version Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (386Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (466Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (169Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran yang selama ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Penumangan Baru Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat khususnya pada mata pelajaran IPS umumnya masih menggunakan metode pembelajaran yang terpusat pada guru yang mengakibatkan kurangnya aktifitas siswa selama kegiatan belajar mengajar berlansung, sehingga prestasi belajar siswa yang tidak mengalami peningkatan. Untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS, peneliti menerapkan metode diskusi dikelas IV SD Negeri 03 Penumangan Baru dengan tujuan agar prestasi belajar IPS meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini bersifat reflektif dan kolaboratif. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini berupa daur atau pembentuk siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 03 Penumangan Baru Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Subjek pada penelitian ini adalah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Dari pelaksanaan siklus I terdapat 30 siswa (73%) yang tuntas yang semula 6 siswa (15%) sebelum dilakukan penelitian atau meningkat sebesar 58%. Dari pelaksanaan siklus II terdapat 36 siswa (88%) yang tuntas atau meningkat 5% dari siklus I. setelah dilakukan penelitian siswa yang tuntas sebanyak 36 siswa (88%) atau meningkat 73% dibandingkan dengan kondisi sebelum dilakukan penelitian. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD negeri 03 Penumangan Baru. Kata kunci: metode diskusi, prestasi belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 04:05 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2014 04:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |