PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI LOCAL WISDOM PAPUA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN ECOLITERACY

Irmansyah, Karoror (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI LOCAL WISDOM PAPUA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN ECOLITERACY. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1301Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1025Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis masalah terintegrasi local wisdom Papua yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan ecoliteracy peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan model 4D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Desain uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP berjumlah 10 orang untuk uji coba terbatas dan 44 orang untuk uji coba skala luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dinyatakan 1) valid (88,0%) oleh ahli materi dan ahli desain; 2) sangat praktis digunakan dalam pembelajaran baik oleh peserta didik (94,0%) maupun pendidik (97,0%) serta ditinjau dari tingginya kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat praktis (93,0%); 3) efektif ditinjau dari ecoliteracy sangat positif (91%), efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan N-Gain cukup efektif (71,79%) dan effect size dengan kriteria besar (0,97). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan ecoliteracy peserta didik. Kata kunci: LKPD, PBL, Local Wisdom, Keterampilan Berpikir Kritis, Ecoliteracy

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2308032251 . Digilib
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:23
Terakhir diubah: 13 Jan 2025 01:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81130

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir