Elisa Nur, Aini (2024) Pengaruh Media Pembelajaran dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3206Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3094Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung yang berjumlah 211 siswa, terdistribusi ke dalam tujuh kelas yaitu VII A hingga VII G. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 27 siswa dan kelas VII B yang berjumlah 23 siswa, dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x3, dan analisis data yang digunakan adalah uji two-way anova. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes dan angket. Berdasarkan hasil uji Two-Way Anova, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Media pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Disposisi matematis berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (3) Media pembelajaran dan disposisi matematis tidak memiliki pengaruh interaksi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. This study aimed to determine the effect of instructional media and mathematical disposition on students' mathematical communication skills. The population of this research consisted of seventh-grade students from SMP Negeri 26 Bandar Lampung, distributed across seven classes, from VII A to VII G. The research sample included 27 students from class VII A and 23 students from class VII B, selected using cluster random sampling. The research design employed was a 2x3 factorial design, and the analysis was conducted using two-way ANOVA. The instruments used to collect data were tests and questionnaires. Based on the results of the Two-Way ANOVA test, the following conclusions were drawn: (1) Instructional media affected students' mathematical communication skills, (2) Mathematical disposition affected students' mathematical communication skills, (3) Learning media and mathematical disposition did not have an interaction effect on students' mathematical communication skills.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2308944875 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:14 |
Terakhir diubah: | 21 Jan 2025 01:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81245 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |