SULAIMAN , RATU AKBAR (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Sulaiman Ratu Akbar_1813024027 - Sulaiman Ratu.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Sulaiman Ratu Akbar_1813024027 - Skripsi Full (tanpa lampiran) - Sulaiman Ratu.pdf Restricted to Hanya staf Download (2082Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Sulaiman RA_1813024027_Skripsi tanpa pembahasan - Sulaiman Ratu.pdf Download (1969Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik digital berbasis guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 26 Bandar Lampung, sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif jenis quasi experiment dengan desain non-equivalent control group untuk menganalisis pengaruh penggunaan media komik digital berbasi guided discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan pretest-postest dan angket tanggapan peserta didik. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa nilai N-gain dari pretest-postest kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan dalam penggunaan komik digital berbasis guided discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik, dengan hasil uji hipotesis 0,000<0,05. Peningkatan kemampuan literasi sains diuji menggunakan uji effect size dengan perolehan nilai 1,43 yang masuk ke dalam kategori besar. Kata kunci: Guided discovery learning, kemampuan literasi sains, komik digital, sistem ekskresi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 01:58 |
Terakhir diubah: | 03 Feb 2025 01:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81817 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |