PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

SULAIMAN , RATU AKBAR (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Sulaiman Ratu Akbar_1813024027 - Sulaiman Ratu.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
Sulaiman Ratu Akbar_1813024027 - Skripsi Full (tanpa lampiran) - Sulaiman Ratu.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2082Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Sulaiman RA_1813024027_Skripsi tanpa pembahasan - Sulaiman Ratu.pdf

Download (1969Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik digital berbasis guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 26 Bandar Lampung, sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif jenis quasi experiment dengan desain non-equivalent control group untuk menganalisis pengaruh penggunaan media komik digital berbasi guided discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan pretest-postest dan angket tanggapan peserta didik. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa nilai N-gain dari pretest-postest kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan dalam penggunaan komik digital berbasis guided discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik, dengan hasil uji hipotesis 0,000<0,05. Peningkatan kemampuan literasi sains diuji menggunakan uji effect size dengan perolehan nilai 1,43 yang masuk ke dalam kategori besar. Kata kunci: Guided discovery learning, kemampuan literasi sains, komik digital, sistem ekskresi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:58
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81817

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir