PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN PAUD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP UKURAN

Elin, Fitri Damayanti (2024) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN PAUD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP UKURAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2611Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2413Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif (APE) dalam pembelajaran PAUD terhadap pemahaman konsep ukuran. Metode Penelitian ini ialah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Grup Desain. Penelitian ini mengambil populasi kelompok B1 dan B2 usia 5-6 tahun sebanyak 56 anak dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Paired Sample T-test dan Uji N-gain untuk mengetahui efektivitas pada variabel X APE terhadap pemahaman konsep ukuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep ukuran setelah di beri perlakuan dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE). Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian menggunakan Uji Paired Sample T-test didapatkan pada kelas eksperimen nilai sig. (2-tailed) sebesar (0,00 < 0,05) maka H1 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 89,17% termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Berdasarkan uji statistik tersebut maka bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang artinya terdapat pengaruh alat permainan edukatif dalam pembelajaran PAUD terhadap pemahaman konsep ukuran. Kata kunci : Alat Permainan Edukatif (APE), Konsep Ukuran, Anak Usia Dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2308111177 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:45
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81883

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir