Mutiara , Fadia Haya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SOFTWARE PREZI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK_PERBAIKAN - Mutiara Fadia.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI (TANPA LAMPIRAN ISI)_PERBAIKAN - Mutiara Fadia.pdf Restricted to Hanya staf Download (1928Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_PERBAIKAN - Mutiara Fadia (1).pdf Download (1579Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbantu software prezi terhadap literasi sains siswa pada kelas X dan untuk mengetahui respon siswa mengenai penggunaan media pembelajaran berupa software prezi.Penelitian ini menggunakan desain non- equivalent pretest-postest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu instrument tes (untuk mengukur literasi sains) dan kualitatif yaitu berupa angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,44 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata n-gain 0,22 (rendah). Data literasi sains menganalisis menggunakan uji mann-whitney dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00>0,05 yang berarti bahwa Terdapat Pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning berbantu software prezi terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem. Pada kelas eksperimen, indikator literasi yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah indikator menggunakan bukti ilmiah dengan nilai rata-rata 0,60 (kategori sedang) dan peningkatan indikator terendah adalah indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan nilai rata-rata 0,30 (kategori sedang). Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata 71,7 (kategori baik). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PBL berbantu software prezi berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X. Kata Kunci: Problem Based Learning, software prezi, literasi sains, SMA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:33 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2025 07:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81989 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |