PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SOFTWARE PREZI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X

Mutiara , Fadia Haya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SOFTWARE PREZI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_PERBAIKAN - Mutiara Fadia.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI (TANPA LAMPIRAN ISI)_PERBAIKAN - Mutiara Fadia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1928Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_PERBAIKAN - Mutiara Fadia (1).pdf

Download (1579Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbantu software prezi terhadap literasi sains siswa pada kelas X dan untuk mengetahui respon siswa mengenai penggunaan media pembelajaran berupa software prezi.Penelitian ini menggunakan desain non- equivalent pretest-postest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu instrument tes (untuk mengukur literasi sains) dan kualitatif yaitu berupa angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,44 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata n-gain 0,22 (rendah). Data literasi sains menganalisis menggunakan uji mann-whitney dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00>0,05 yang berarti bahwa Terdapat Pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning berbantu software prezi terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem. Pada kelas eksperimen, indikator literasi yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah indikator menggunakan bukti ilmiah dengan nilai rata-rata 0,60 (kategori sedang) dan peningkatan indikator terendah adalah indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan nilai rata-rata 0,30 (kategori sedang). Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata 71,7 (kategori baik). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PBL berbantu software prezi berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X. Kata Kunci: Problem Based Learning, software prezi, literasi sains, SMA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 04 Feb 2025 07:33
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81989

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir