PENGARUH PEMBELAJARAN STEM TERINTEGRASI DENGAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA

SALSA , NORALIZA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN STEM TERINTEGRASI DENGAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - sa chnl.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - sa chnl.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2056Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - sa chnl.pdf

Download (1122Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM terintegrasi dengan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA, mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan pembelajaran STEM Terintegrasi dengan PjBL, dan produk yang dihasilkan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling, kelas X.6 sebagai kelas kontrol dan kelas X.7 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu (quasi eksperimen). Data penelitian yang didapatkan dengan memberikan pretest, posttest, dan lembar penilaian produk kreatif untuk melihat adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas kontrol dan eksperimen, sedangkan penggunaan angket di kelas eksperimen digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan pembelajaran STEM terintegrasi dengan PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran STEM terintegrasi dengan PjBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, dengan nilai signifikan uji Mann Whitney-U 0,00. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen memperoleh rata rata N-gain 0,71 termasuk kategori tinggi. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran STEM terintegrasi dengan PjBL diperoleh rata rata persentase 84,85 % dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tersebut dapat diterima dengan sangat baik oleh peserta didik. Kata Kunci: Berpikir kreatif, PjBL, STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:37
Terakhir diubah: 06 Feb 2025 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82325

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir