EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI DAN MENGINFERENSI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

APRIZA , YANTI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI DAN MENGINFERENSI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4094Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2628Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan keterampilan mengamati dan menginferensi pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedong Tataan yang memilih mata pelajaran kimia tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 252 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI.6 sebagai kelas eksperimen dan XI.5 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sumpling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran flipped classroom dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengamati berkriteria tinggi di kelas eksperimen dan berkriteria rendah dikelas kontrol serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan meng inferensi berkriteria tinggi di kelas eksperimen dan berkriteria sedang dikelas kontrol serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan mengamati dan menginferensi siswa pada materi kesetimbangan kimia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308473562 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:08
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 01:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82902

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir