EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATERI KOLOID

Wayan Putri , Widyawati (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1.ABSTRAK.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img] File PDF
2.SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3226Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3.SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3112Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran SiMaYang pada materi koloid dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa. Pada penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group. Populasi yang penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Natar tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan XI.2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, memiliki rata-rata n-Gain kemampuan literasi kimia siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,69 dengan kriteria “sedang”, sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,28 dengan kriteria “rendah”. Hasil uji effect size kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 97% dengan kriteria efek “besar” menunjukkan bahwa 97% besarnya kemampuan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SiMaYang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid dengan pengaruh yang tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308545184 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:15
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 01:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82923

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir