Cindi, Amalia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (331Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2661Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1752Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik pada materi garam menghidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII F 1 – XII F 8 SMA Negeri 1 Natar Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian XII F2 sebagai kelas kontrol dan XII F3 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian digunakan yaitu the matching-only pretes posttes control group design. Analisis data mengguna-kan uji kesamaan dua rata-rata yaitu Mann-Whitney U dan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas eksperimen lebih tinggi dari-pada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi di kelas kontrol. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga disimpulkan bahwa model discovery learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata Kunci: discovery learning, garam menghidrolisis, keterampilan komunikasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308096220 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 04:32 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2025 04:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83116 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |