STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0853031022, Ivan Seprayoga (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persetujuan.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moto.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (533Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran Numbered Heads Together jika dikaitkan dengan kemampuan awal yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw digunakan di kelas eksperimen dan model pembelajaran Numbered Heads Together pada kelas kontrol. Pada kedua kelas yang menjadi sampel penelitian tersebut terdapat siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 248 orang siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012, dengan sampel sebanyak 70 orang siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan Analisis Varians Dua Jalan ( ANAVA ). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh. 1. F hitung 11,215 > F 4,00, berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pebedaan antara hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran jigsaw dengan siswa yang diberikan model pembelajaran Numbered Heads Together. 2. F hitung 0,729 < F tabel 4,00, berarti hipotesis ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran jigsaw lebih rendah dibandingkan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa yang berkemampuan awal tinggi. 3. F hitung 16,916 > F tabel 4,00, berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. 4. F hitung 1,001 < F tabel 4,00, berarti hipotesis ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa pada hasil belajar mata pelajaran ekonomi. tabel Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Pembelajaran Numbered Heads Together serta Kemampuan Awal.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 16 Apr 2015 06:05
Terakhir diubah: 16 Apr 2015 06:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8356

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir