EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI

Ika Diva, Agustin (2025) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2158Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1377Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Kimia di SMAN 6 Metro Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan NonEquivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis peserta didik untuk kelas eksperimen yaitu 0,63 dengan kriteria n-gain berkategori sedang dan dan rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu 0,29 dengan kriteria n-gain berkategori rendah. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen yang di terapkan model inquiry lesson dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi, inquiry lesson, keterampilan berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 660 Teknik kimia
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308853349 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:08
Terakhir diubah: 17 Feb 2025 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83996

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir