IMPLEMENTASI MODEL 5E TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMA

ADELIA DWI, PRAMUDYTHA (2025) IMPLEMENTASI MODEL 5E TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-Adelia Dwi Pramudytha.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL-Adelia Dwi Pramudytha.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2028Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN-Adelia Dwi Pramudytha.pdf

Download (736Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Reformasi pendidikan global menekankan pengembangan kemampuan peserta didik menghadapi tantangan masa depan melalui pendidikan STEM. Model 5E terintegrasi STEM-EDP efektif meningkatkan keterampilan abad ke-21, seperti Collaborative Problem Solving (CPS). Namun, implementasinya di Indonesia terkendala pada kurangnya pemahaman guru tentang STEM dan dominasi metode pembelajaran teacher centered. Pada penelitian ini, model 5E terintegrasi STEM-EDP digunakan pada kelas eksperimen dan model PBL digunakan pada kelas control. Hasil penelitian menunjukkan model 5E terintegrasi STEM-EDP lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan CPS peserta didik, dengan rata-rata nilai pretest-posttest kelas eksperimen 37,99 dan 74,86, sedangkan kelas kontrol 33,33 dan 45,97. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini dinyatakan valid, reliabel, data berdistribusi normal, homogen, dan terdapat perbedaan signifikan (Sig. 0,05), dengan effect size 0,738 menunjukkan pengaruh cukup besar. Penelitian di menunjukkan bahwa model 5E terintegrasi STEM-EDP efektif meningkatkan kemampuan CPS pada topik gerak lurus. Model ini mendorong peserta didik aktif, berkolaborasi, dan berpikir kritis, dengan peningkatan CPS kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kontrol.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308125530 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:07
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84306

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir