PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN AUTHORING TOOLS PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA

MUHAMMAD, DIKA FEBRIANTO (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN AUTHORING TOOLS PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2039Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran interaktif yang dirancang dengan bantuan Authoring Tools jenis Ispring Suite untuk materi Sistem Komputer yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadopsi penelitian Research and Development (R&D) dengan model 3D yang memiliki tiga tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan SMA Negeri 1 Way Jepara pada peserta didik kelas X untuk mata pelajaran Informatika. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kevalidan dan kepraktisan produk yang diperoleh menggunakan angket ahli media, angket ahli materi, angket respon peserta didik, dan angket persepsi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi produk dari ahli media sebesar 3,63 dengan kategori sangat valid dan penilaian ahli materi sebesar 3,92 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang didapatkan dari persepsi guru mendapatkan persentase sebesar 96,56% dengan kategori sangat praktis dan respons peserta didik mendapatkan persentase sebesar 88,96% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Authoring Tools pada pembelajaran Informatika kelas X sangat valid dan praktis. Kata Kunci: Authoring Tools, Ispring Suite, Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Komputer.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308624804 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 09:11
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 09:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84609

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir