PENGARUH MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

MARISSA , SUKMA WARDHANA (2024) PENGARUH MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI DIGILIB_MARISSA_Abstrak - Marissa Wardhana.pdf

Download (575Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI DIGILIB_MARISSA_Full Tanpa Lampiran - Marissa Wardhana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3730Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI DIGILIB_MARISSA_Tanpa Pembahasan - Marissa Wardhana.pdf

Download (2958Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Read-Answer-Discuss- Explain-Create (RADEC) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan model RADEC dalam proses pembelajaran materi pencemaran lingkungan. Penelitian menggunakan desain pre-test post-test non-equivalent control group dengan sampel peserta didik SMPN 34 Bandar Lampung yaitu kelas 7.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Data peningkatan literasi sains diperoleh melalui N-gain yang dianalisis menggunakan uji T (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model RADEC berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII SMPN 34 Bandar Lampung pada materi pencemaran lingkungan. Rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,44 (berkategori sedang), dengan rincian: menjelaskan fenomena secara ilmiah 0,51; mengevaluasi & merancang penyelidikan ilmiah 0,38; dan menafsirkan data & bukti secara ilmiah 0,43. Hasil angket tanggapan peserta didik mendapatkan rata-rata persentase 85,86% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model RADEC dalam proses pembelajaran materi pencemaran lingkungan dapat diterima dengan sangat baik oleh peserta didik. Kata kunci: Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC), Literasi Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 Feb 2025 10:14
Terakhir diubah: 20 Feb 2025 10:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84787

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir