ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM

ANISA, FEBRIANTI (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi Anisa Febrianti - Anisa Febrianti.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI NO LAMPIRAN SAJA_ANISA FEBRIANTI - Anisa Febrianti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_ANISA FEBRIANTI - Anisa Febrianti.pdf

Download (2878Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA Biologi melalui model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM di SMP Negeri 43 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan quasy experiment dengan desain pretestt-posttest kelompok non ekuivalen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang berjumlah 55 orang dicuplik dari populasi berjumlah 171 orang menggunakan cluster random sampling. Tes keterampilan berpikir kreatif dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Data tanggapan siswa terhadap model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai N-Gain yang signifikan (P<0,05) antara pembelajaran yang menggunakan model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM dengan model konvensional (Discovery Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif yang tertinggi pada kelas eksperimen adalah berpikir asli/originality (N-Gain 0,727) dengan kategori tinggi, sedangkan yang terendah adalah berpikir merinci/elaboration (N-Gain 0,364) dengan kategori sedang. Sementara itu, keterampilan berpikir kreatif yang tertinggi pada kelas kontrol adalah berpikir lancar/fluency (N-Gain 0,438) dengan kategori sedang, sedangkan yang terendah adalah berpikir asli/originality (N-Gain 0,133) dengan kategori rendah. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan siswa, didapatkan rata-rata persentase 83,8% yang menunjukkan bahwa model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM, Pembelajaran IPA Biologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:58
Terakhir diubah: 21 Feb 2025 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84927

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir