UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG

, Yuhana Nurdin (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtrak.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengetahui.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI yuhana.pdf - Published Version

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab 1.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab2.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab 3.pdf - Published Version

Download (134Kb) | Preview
[img] Text
Yuhana Bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163Kb)
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab5.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (800Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahap tindakan pada masing-masing siklus, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar menggunakan soal pilihan jamak sebanyak 10 soal. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa yang akan menunjukkan keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar IPA adalah 65,44 dan jumlah siswa yang mencapai KKM 59%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 65,81 dan ketuntasan siswa menjadi 71%. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat menjadi 69,85 dan ketuntasan yang dicapai menjadi 93%. Pada aktivitas siswa tampak peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu siklus I: 55%, siklus II: 63% dan siklus III: 77%. Sehubungan dengan itu, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung meningkat dengan menggunakan metode eksperimen.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 30 Jan 2014 07:26
Last Modified: 30 Jan 2014 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item