, Yuhana Nurdin (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abtrak.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengetahui.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI yuhana.pdf - Published Version Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yuhana Bab 1.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yuhana Bab2.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yuhana Bab 3.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
|
File PDF
Yuhana Bab4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (163Kb) |
||
|
File PDF
Yuhana Bab5.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (800Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahap tindakan pada masing-masing siklus, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar menggunakan soal pilihan jamak sebanyak 10 soal. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa yang akan menunjukkan keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar IPA adalah 65,44 dan jumlah siswa yang mencapai KKM 59%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 65,81 dan ketuntasan siswa menjadi 71%. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat menjadi 69,85 dan ketuntasan yang dicapai menjadi 93%. Pada aktivitas siswa tampak peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu siklus I: 55%, siklus II: 63% dan siklus III: 77%. Sehubungan dengan itu, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung meningkat dengan menggunakan metode eksperimen.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 07:26 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 07:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/852 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |