ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING)DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

0743022009, Cahyo Agus Setiawan (2012) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING)DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (198Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dalam pembela- jaran dan berfungsi efektif dalam semua aspek kehidupan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk menge- tahui: (1)Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, (2)Interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan kognitif awal siswa, (3)Perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemam- puan kognitif tinggi dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan (4)Perbedaan ke- mampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung. ii Cahyo Agus Setiawan Penelitian dilakukan di SMAN 5 Bandar Lampung, menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen (kelas XI IPA 3)dengan jumlah sampel 37 siswa dan kelas kon- trol (XI IPA 2) dengan sampel 33 siswa menggunakan desain faktorial. Pada awal penelitian diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum pembelajaran dan kemampuan kognitif siswa yang kemudian dikatego- rikan menjadi siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dan kemampuan kognitif rendah. Setelah tiga kali pertemuan tatap muka dengan menggunakan pembelaja- ran generatif pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung (direct instruct- ttion)pada kelas kontrol, diberikan soal posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran. Sehingga diperoleh data interaksi siswa dalam pembelajaran, kemampuan kognitif siswa, dan N-gain kemampuan berpikir krtis siswa yang kemudian diolah dengan analisis variansi dan uji perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Ada perbedaan kemampuan berpikir kri- tis siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, (2)Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan kognitif awal siswa, (3)Ada perbedaan ke- mampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan (4)Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran lang- sung. Kata kunci : kemampuan kognitif, model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan kemampuan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 20 Apr 2015 05:30
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8568

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir