PENGARUH MODEL PBL BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Adelia , Safitri (2025) PENGARUH MODEL PBL BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3300Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2897Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL berdiferensiasi konten terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim di SMA Negeri 1 Abung Semuli. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X1 sebagai kelompok ekperimen dan X7 sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis peserta didik dikumpulkan menggunakan instrumen tes dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata N-gain yang diperoleh 0,53 (sedang) pada kelas ekperimen dan 0,25 (rendah) pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis sebesar Sig. (0,00 < 0,05) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis paling tinggi yaitu strategy and tactic (N-gain 0,70) sedangkan yang paling rendah pada basic for decision (N-gain 0,43). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berdiferensiasi konten berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan bepikir kritis peserta didik. Kata kunci: Model PBL, Diferensiasi Konten, Kemampuan Berpikir Kritis, Perubahan Iklim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308388913 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2025 01:45
Terakhir diubah: 21 Apr 2025 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86276

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir