PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI SDGs

MARISKY, CATUR RIYANTI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI SDGs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1861Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1568Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs terhadap kemampuan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan desain PretestPosttest Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan motivasi belajar, dengan rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,55 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,36 (rendah). Dilakukan juga uji pengaruh (effect size) yang menunjukkan nilai 0,63 dengan interpretasi efekticitas besar. Hasil perhitungan motivasi belajar kelompok eksperimen memperoleh persentase rata-rata 82,00 (sedang), lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol 74,63 (rendah). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan literasi sains dengan motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Dengan demikian pembelajaran dengan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan terdapat perbedaan pada motivasi belajar peserta didik serta terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Kata Kunci: Problem Based Learning, Literasi Sains, Motivasi Belajar, SDGs

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308901690 . Digilib
Date Deposited: 06 May 2025 07:42
Terakhir diubah: 06 May 2025 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86518

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir