0643021011, Bibit Wahyuni (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMPN 1 Simpang Pematang Kecamatan Simpang Pematang Tahun Ajaran 2010/2011). UNSPECIFIED.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover dalam.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hal Pengesahan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
hal Persembahan.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
hal Persetujuan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Moto.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan tidak menjiplak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (61Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kesulitan pemahaman konsep matematika membuat peranan guru sangat penting dalam pembelajaran. Guru harus merencanakan pembelajaran yang dapat me- ningkatkan pemahaman konsep matematika melalui siswa berpikir secara mandiri, kemudian berdiskusi dengan pasangannya, dan berbagi dengan pasangan lain atau menanggapi saat pasangan kelompok melakukan presentasi. Hal tersebut terjadi pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Simpang Pematang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Bibit Wahyuni Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa rata-rata skor pemahaman konsep dan peningkatan konsep matematika siswa lebih tinggi terjadi pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe TPS jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Pemahaman Konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 08:00 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8684 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |