PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

Aulia, Gusnita Pemuka (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - aulia gusnita pemuka.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - aulia gusnita pemuka.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - aulia gusnita pemuka.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning berbasis etnosains nyeruit untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktor-faktor yang laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Penengahan. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Peng- ambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan design nonequivalent control group. Pengaruh model problem-based learning berbasis etnosains nyeruit dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan uji effect size terhadap hasil belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai postest siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbasis etnosains lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa LKPD PBL berbasis etnosains berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : Problem-based learning, Etnosains, Hasil Belajar, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 May 2025 02:58
Terakhir diubah: 16 May 2025 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87151

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir