PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 1 BANJARREJO TP 2012/2013

Wiwik Ariyani, 1113137041 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 1 BANJARREJO TP 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN MENYETUJUI.pdf

Download (327Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (278Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perolehan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjarrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model CTL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa melalui model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa 74,57% (kategori aktif) pada siklus II menjadi 85,58% (kategori sangat aktif). Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 66% pada siklus II Ketuntasan hasil belajar telah memenuhi target, sebesar ≥ 75%. dengan ketuntasan sebesar 100%. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 7341284 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2015 08:48
Terakhir diubah: 21 Apr 2015 08:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir