KAJIAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

WULAN , CAHYA NINGRUM (2025) KAJIAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_WULAN CAHYA NINGRUM.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_WULAN CAHYA NINGRUM.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2045Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 & LAMPIRAN_WULAN CAHYA NINGRUM.pdf

Download (1300Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan tanggapan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Yapindo semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A dengan jumlah 27 peserta didik yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil kerja proyek diukur menggunakan rubrik penilaian kemampuan berpikir kreatif, rubrik penilaian kreativitas produk, dan tanggapan peserta didik terkait penerapan model PjBL dengan pemanfaatan kulit nanas yang diukur menggunakan angket. Hasil penelitian berdasarkan data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan penerapan model PjBL pada kelompok 2 mendapatkan rata-rata tertinggi (87,5) jika dibandingkan dengan kelompok lainnya. Pada kreativitas produk didapatkan hasil rata-rata kelompok 1 lebih tinggi dengan kategori sangat kreatif (88,8) jika dibandingkan dengan kelompok lainnya. Hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh nilai 86,38 yang dikategorikan baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan perbedaan pada setiap kelompok. Kata Kunci: berpikir kreatif; bioteknologi; peserta didik; project based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308416068 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 04:16
Terakhir diubah: 23 May 2025 04:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87475

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir