STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA ANTARA PESERTA DIDIK DI BUCEILS-HS, FILIPINA, DAN SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG, INDONESIA

DEBORA AYU LESTARI, SIANTURI (2025) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA ANTARA PESERTA DIDIK DI BUCEILS-HS, FILIPINA, DAN SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG, INDONESIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2372Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1944Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah fisika antara peserta didik di BUCEILS-HS, Filipina, dan SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Indonesia. Sampel penelitian terdiri atas peserta didik kelas XII STEM di BUCEILS-HS dan kelas XI FB-3 di SMA Negeri 2 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, di mana peserta didik di SMA Negeri 2 Bandar Lampung memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah fisika yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik di BUCEILS-HS. Dalam kemampuan berpikir kritis, sebagian besar indikator di BUCEILS-HS berada pada kategori sedang, kecuali indikator mengatur strategi dan taktik yang berada pada kategori rendah, sedangkan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung sebagian besar indikator berada pada kategori tinggi. Sementara itu, dalam kemampuan pemecahan masalah fisika, seluruh indikator di BUCEILS-HS berada pada kategori tinggi, sedangkan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung sebagian besar indikator berada pada kategori sangat tinggi. Perbedaan ini didukung oleh hasil uji statistik, yaitu uji Independent Sample T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk kemampuan berpikir kritis dan uji Mann-Whitney dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk kemampuan pemecahan masalah fisika.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308412597 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 06:22
Terakhir diubah: 23 May 2025 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87560

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir