PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

SALSABILA, SYIFA NURASIH (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3547Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2978Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya critical thinking skills dan self-regulated learning siswa menjadi tantangan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap critical thinking skills dan self-regulated learning siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP PGRI 1 Bandar Surabaya tahun ajaran 2024/2025. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Surabaya. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A (eksperimen) dan VII C (kontrol) dengan teknik pengambilan sampel yaitu sample random sampling. Jenis data yang digunakan data kuantitatif berupa critical thinking skills dan self-regulated learning siswa dan data kualitatif berupa angket tanggapan siswa. Pengambilan data diperoleh melalui Pretest-posttest dan angket self-regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan critical thinking skills dan self-regulated learning siswa. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 untuk critical thinking skills dan Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 untuk self-regulated learning. Indikator critical thinking skills yang mengalami peningkatan tertinggi adalah kemampuan menyimpulkan (N-gain 0.71). Sementara itu, indikator self-regulated learning yang meningkat tertinggi adalah strategi belajar (N gain 0.88). Uji effect size menunjukkan koefisien d Cohen’s sebesar 3.27 untuk critical thinking skills dan 5.06 untuk self-regulated learning, keduanya dalam kategori tinggi. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang mendukung untuk meningkatkan critical thinking skills dan self-regulated learning siswa. Kata Kunci: Critical Thinking Skills, Learning cycle 5E, Self-Regulated Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308999837 . Digilib
Date Deposited: 28 May 2025 08:44
Terakhir diubah: 28 May 2025 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87801

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir