IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJEC-BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN SELF EFFICACY PADA MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Diah Nur , Aisyah (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJEC-BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN SELF EFFICACY PADA MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI-DIAH NUR AISYAH.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN DIAH NUR AISYAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1187Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN DIAH NUR AISYAH.pdf

Download (983Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bahasa Indonesia: Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan self efficacy peserta didik kelas IV di SD Negeri 11 Metro Pusat tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan self efficacy pada mata pelajaran IPAS peserta didik kelas IV sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan nonequivalen control group design. Populasi penelitian berjumlah 66 orang peserta didik dan sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada implementasi model pembelajaran project based learning berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan self efficacy pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Metro Pusat tahun ajaran 2024/2025 Kata Kunci: llmu pengetahuan alam dan sosial, lembar kerja peserta didik, model pembelajaran project based learning, self efficacy Bahasa Inggris: The problem in this study was the low self-efficacy ability of fourth grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat in the 2024/2025 academic year. This study aimed to determine the effect of the implementation of the Project Based Learning learning model assisted by Student Worksheets (LKPD) on the self-efficacy ability in the science subject of fourth grade elementary school students. The research method used is quasi-experimental with nonequivalent control group design. The study population were 66 students and the sample was determined used saturated sampling techniques. Data collection in this study was by observation, questionnaires, and documentation. The prerequisite test for data analysis used normality and homogeneity tests. Hypothesis testing used a simple linear regression test. The results of the study showed that there was an effect on the implementation of the project based learning model assisted by student worksheets on the self-efficacy ability in the Natural and Social Sciences (IPAS) subject of fourth grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat in the 2024/2025 academic year. Keywords: natural and social sciences, student worksheets, project based learning model, self efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308550030 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:25
Terakhir diubah: 03 Jun 2025 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87993

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir