SABILA RIZQIA, RAHMADINI (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATISASI SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2581Kb) |
|
|
File PDF (SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN)
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2539Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan kemampuan matematisasi siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam enam kelas yaitu VIII A sampai VIII F. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilihlah kelas VIII E yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII D yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan matematisasi siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan matematisasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STEM lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan matematisasi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran STEM dapat meningkatkan kemampuan matematisasi siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301258488 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:55 |
Terakhir diubah: | 12 Jun 2025 02:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88336 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |