VIRA, HIDAYATUNNISA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Natar Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF (anyone)
ABSTRAK(ABSTRACT).pdf Download (197Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF (only staff)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1406Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF (anyone)
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1349Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran collaborative problem solving ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi ke dalam 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-F yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis materi bentuk aljabar. Temuannya adalah (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model collaborative problem solving lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung; (2) Proporsi siswa yang mengikuti pembelajaran collaborative problem solving yang memiliki kemampuan penalaran matematis terkategori baik lebih dari 60%; (3) Rata-rata nilai posttest siswa kelas collaborative problem solving melebihi KKM. Dengan demikian, model pembelajaran collaborative problem solving efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata Kunci: collaborative problem solving, efektif, kemampuan penalaran matematis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301830914 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:19 |
Terakhir diubah: | 11 Jun 2025 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88345 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |