PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 BANDARLAMPUNG TAHUN 2024

MUHAMMAD, ALWAN (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 BANDARLAMPUNG TAHUN 2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2222Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMAHASAN.pdf

Download (2089Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses kegiatan belajar dan mengajar di kelas memerlukan rangsangan pembelajaran yang baik, salah satu caranya dengan menerapkan model pembelajaran di dalam kelas. Model pembelajaran yang dipilih untuk diterapkan pada penelitian ini adalah model ASSURE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ASSURE dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini menerapkan dua siklus untuk melihat peningkatan hasil penelitian. Target keberhasilan pada penelitian ini berada pada angka 85%. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik sederhana persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara siklus pertama dan siklus kedua. Siklus pertama yang telah dilakukan mendapatkan hasil akhir motivasi belajar sebesar 75,38% dan mengharuskan untuk melakukan siklus kedua yang kemudian mendapatkan hasil akhir sebesar 95,41%. Berdasarkan kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai dengan adanya peningkatan hasil motivasi belajar dari siklus pertama dan siklus kedua, serta hasil pada siklus kedua telah mampu melampaui batas target minimal keberhasilan penelitian. Kata kunci: motivasi, Penelitian Tindakan Kelas, ASSURE

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301739495 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2025 11:56
Terakhir diubah: 13 Jun 2025 11:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88595

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir