MUHAMMAD, ALWAN (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 BANDARLAMPUNG TAHUN 2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2222Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMAHASAN.pdf Download (2089Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses kegiatan belajar dan mengajar di kelas memerlukan rangsangan pembelajaran yang baik, salah satu caranya dengan menerapkan model pembelajaran di dalam kelas. Model pembelajaran yang dipilih untuk diterapkan pada penelitian ini adalah model ASSURE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ASSURE dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini menerapkan dua siklus untuk melihat peningkatan hasil penelitian. Target keberhasilan pada penelitian ini berada pada angka 85%. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik sederhana persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara siklus pertama dan siklus kedua. Siklus pertama yang telah dilakukan mendapatkan hasil akhir motivasi belajar sebesar 75,38% dan mengharuskan untuk melakukan siklus kedua yang kemudian mendapatkan hasil akhir sebesar 95,41%. Berdasarkan kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai dengan adanya peningkatan hasil motivasi belajar dari siklus pertama dan siklus kedua, serta hasil pada siklus kedua telah mampu melampaui batas target minimal keberhasilan penelitian. Kata kunci: motivasi, Penelitian Tindakan Kelas, ASSURE
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2301739495 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 11:56 |
Terakhir diubah: | 13 Jun 2025 11:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88595 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |