PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

FINI ADELLIA, PRAMITA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_FINI ADELA PRAMITA.pdf

Download (395Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_FINI ADELIA PRAMITA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2355Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 & LAMPIRAN_FINI ADELIA PRAMITA.pdf

Download (1996Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Kota Metro. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain penelitian Post test Only Design Control Group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 peserta didik kelas 8.2 sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas 8.6 sebagai kelas kontrol. Angket tanggapan digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL kemudian data hasil belajar kognitif didapatkan dari hasil posttest peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor posttest pada kelas eksperimen dengan persentase sebesar 75,45 dengan kriteria “sedang” dan pada kelas kontrol dengan persentase sebesar 44,10 dengan kriteria “rendah”. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann- Whitney didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,01<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 83,33 dengan kategori “baik” maka pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL khususnya pada materi sistem pernapasan dapat meningkatkan pemahaman materi saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif; LKPD berbasis PBL; Sistem Pernapasan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506607707 Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2025 10:16
Terakhir diubah: 21 Jun 2025 10:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89360

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir