IRAMAHDEWI, - (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERAKSARA LAMPUNG UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS VI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (399Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian sija iyulah rendahna keterampilan ngebaca ghik nulis kalimat buaksara Lampung. Peneliti ngembangkon LKPD guwai ningkatkon keterampilan sina. Tujuan anjak penelitian sija iyulah (1) ngembangkon LKPD (2) ngenilai validitas ghik kelayakan produk LKPD, dan (3) mandayi keefektifan produk LKPD. Metode penelitian sai digunakon di penelitian sija iyulah Research and Development (R&D) Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah : (1).Penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji coba lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Hasil temuan ilmiah penelitian sija dikembangkon jama sepuluh langkah anjak model desain Borg and Gall ghik ngehasilkon data uji validitas/kelayakan produk LKPD jama rerata skor akhir sebesar 88,41%, tekughuk kategori sangat valid, sangat tuntas, ghik dapok digunakon. Selanjutna, taraf kepraktisan produk LKPD iyulah 85,75%, tekughuk delom kategori “Sangat Efektif”. Hasil penilaian uji coba skala balak didapok rerata nilai Gain sebesar 0,53. Apabila 0,3 < g ≤ 0,7 maka nilai Gain butaraf “sedang”. (Hake, 1999: 1), mengemukakan kriteria keefektifan produk LKPD tercapai, apabila tingkat pencapaian N-gain minimal wat delom kategori “sedang.” Jama demikian, kriteria keefektifan produk LKPD tecapai. Produk dinyatakon sangat efektif guwai digunakon. Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Menulis Kalimat, Aksara Lampung, Project Based Learning
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah |
Pengguna Deposit: | 2506814447 Digilib |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:14 |
Terakhir diubah: | 23 Jun 2025 02:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89384 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |