PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERAKSARA LAMPUNG UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS VI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

IRAMAHDEWI, - (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERAKSARA LAMPUNG UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS VI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (399Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian sija iyulah rendahna keterampilan ngebaca ghik nulis kalimat buaksara Lampung. Peneliti ngembangkon LKPD guwai ningkatkon keterampilan sina. Tujuan anjak penelitian sija iyulah (1) ngembangkon LKPD (2) ngenilai validitas ghik kelayakan produk LKPD, dan (3) mandayi keefektifan produk LKPD. Metode penelitian sai digunakon di penelitian sija iyulah Research and Development (R&D) Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah : (1).Penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji coba lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Hasil temuan ilmiah penelitian sija dikembangkon jama sepuluh langkah anjak model desain Borg and Gall ghik ngehasilkon data uji validitas/kelayakan produk LKPD jama rerata skor akhir sebesar 88,41%, tekughuk kategori sangat valid, sangat tuntas, ghik dapok digunakon. Selanjutna, taraf kepraktisan produk LKPD iyulah 85,75%, tekughuk delom kategori “Sangat Efektif”. Hasil penilaian uji coba skala balak didapok rerata nilai Gain sebesar 0,53. Apabila 0,3 < g ≤ 0,7 maka nilai Gain butaraf “sedang”. (Hake, 1999: 1), mengemukakan kriteria keefektifan produk LKPD tercapai, apabila tingkat pencapaian N-gain minimal wat delom kategori “sedang.” Jama demikian, kriteria keefektifan produk LKPD tecapai. Produk dinyatakon sangat efektif guwai digunakon. Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Menulis Kalimat, Aksara Lampung, Project Based Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 2506814447 Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:14
Terakhir diubah: 23 Jun 2025 02:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89384

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir