0713023010 , Meriantika (2012) EFEKTIVITAS MODEL SIKLUS BELAJAR PDEODE PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. cover dalam.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. persetujuan.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PENGESAHAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. persembahan.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. M O T T O.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (229Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (440Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran kimia harus memperhatikan karakteristik kimia sebagai proses, pro- duk, dan sikap. Untuk memahami hakikat ilmu kimia secara utuh, siswa harus memiliki keterampilan proses sains (KPS). Melatihkan KPS kepada siswa dapat membekali siswa dengan suatu keterampilan berpikir dan bertindak melalui sains untuk menyelesaikan masalah serta menjelaskan fenomena-fenomena yang ada dalam kehidupannya sehari-hari. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan KPS sehing- ga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih dan mengembangkan KPS siswa adalah model siklus belajar Predict – Discuss – Explain – Observe – Discuss - Explain (PDEODE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model siklus belajar PDEO- DE pada materi pokok kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan komunikasi siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA YPU Bandar Lampung kelas XI IPA tahun pelajaran 2011-2012. Efektivitas mo- del siklus belajar PDEODE diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest (gain ternormalisasi) Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan model siklus belajar PDEODE memiliki keterampilan prediksi dan keterampilan komu- nikasi yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model siklus belajar PDEODE efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan keterampilan komunikasi siswa. Kata kunci : model siklus belajar PDEODE, keterampilan prediksi dan kete- rampilan komunikasi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 01:58 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8941 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |