PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

PUTRI MEGA, PRATIWI (2025) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_PUTRI M.pdf

Download (653Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi tanpa lampiran_PUTRI M.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1602Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi full tanpa bab 4 dan lampiran_PUTRI M.pdf

Download (1581Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, faktanya menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Guided Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan iklim di kelas X SMA Taruna Gajah Mada Metro. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design, di mana sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Taruna Gajah Mada Metro. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X.3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif yang diperoleh melalui tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, serta data kualitatif yang diperoleh dari angket respon siswa terhadap model Guided Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Guided Inquiry memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, yang dibuktikan melalui uji Independent Sample T-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05. Peningkatan skor N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,68 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata N-Gain sebesar 0,20 (kategori rendah). Selain itu, hasil angket menunjukkan tanggapan positif dari siswa terhadap penerapan model Guided Inquiry, dengan rata-rata persentase sebesar 91,88% (kategori sangat baik). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Inquiry secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran materi perubahan iklim. Kata Kunci : Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis, Perubahan Iklim

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506743890 Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:45
Terakhir diubah: 24 Jun 2025 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89473

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir