0813023050, Susi Susanti (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN PENJELASANLANJUT SISWA. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (386Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (633Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (291Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (568Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (3418Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (5Mb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (318Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1000Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui efektivit as pembelajaran berbasis masa- lah pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan memberikan penje- lasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Populasi dalam penelit ian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Penelit ian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelit ian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan sederhana untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol ber- turut-turut adalah 0,40 dan 0,16; dan rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,31 dan 0,08. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut yang lebih t inggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 01:59 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8970 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |