PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Gustin, Armunanti (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_GUSTIN ARMUNANTI.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_GUSTIN ARMUNANTI .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN_GUSTIN ARMUNANTI .pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi konten terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi perubahan iklim. Penelitian ini menggunakan desain quasi eskperiment dengan pola desain yaitu pretest-posttest non-equivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung yang berjumlah 229 orang dengan sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih 57 peserta didik yaitu kelas VII-C dan VII-D. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diambil menggunakan tes, sedangkan data tanggapan peserta didik diambil dengan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih tinggi (N-gain 0,56) sedangan kelas kontrol (N-gain 0,28). Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima. Hasil ini juga didukung oleh uji effect size yang menunjukkan kategori “besar” (1,68), yang berarti pembelajaran berdiferensiasi konten berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yang tertinggi pada kelas eksperimen yaitu menganalisis (C4) (N-gain 0,62) dengan kategori “sedang” dan yang paling rendah yaitu indikator mencipta (C6) (N-gain 0,50). Hasil angket tanggapan menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memberikan tanggapan yang lebih positif dengan persentase 81,79 (hampir semua setuju). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Berdiferensiasi Konten, Perubahan Iklim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506130333 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:32
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 07:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89755

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir