EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

0853023049, Riska Amelia Desmawati (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.PERNYATAAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Cover Dalam.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. lembar pengesahan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11 DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Gambar.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI baru.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (80Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi di SMA Negeri 1 Gadingrejo diketahui bahwa pembelajaran yang paling sering digunakan adalah pembelajaran konvensional yang bersifat cenderung kaku dan kurang menarik. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model SBEI. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Siklus Belajar Empiris Induktif dalam meningkatan keterampilan berkomunikasi pada materi pokok Larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gadingrejo semester genap Tahun 2011-2012 dengan kelas X 1 dan X 3 sebagai sampel. Metode Penelitian adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran diukur berdasarkan n-Gain yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran (ditunjukkan dengan n-Gain yang signifikan) Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan berkomunikasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,507 dan 0,605. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran SBEI memiliki keterampilan berkomunikasi siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SBEI lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Kata kunci: model pembelajaran SBEI, keterampilan berkomunikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:00
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8976

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir