0853023049, Riska Amelia Desmawati (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.PERNYATAAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Cover Dalam.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. lembar pengesahan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11 DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI baru.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (80Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAK1.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di SMA Negeri 1 Gadingrejo diketahui bahwa pembelajaran yang paling sering digunakan adalah pembelajaran konvensional yang bersifat cenderung kaku dan kurang menarik. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model SBEI. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Siklus Belajar Empiris Induktif dalam meningkatan keterampilan berkomunikasi pada materi pokok Larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gadingrejo semester genap Tahun 2011-2012 dengan kelas X 1 dan X 3 sebagai sampel. Metode Penelitian adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran diukur berdasarkan n-Gain yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran (ditunjukkan dengan n-Gain yang signifikan) Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan berkomunikasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,507 dan 0,605. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran SBEI memiliki keterampilan berkomunikasi siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SBEI lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Kata kunci: model pembelajaran SBEI, keterampilan berkomunikasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:00 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8976 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |