0853023057, Yuliana (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI- REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENYETUJUAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. M O T T O.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (133Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran learning cycle 3E yang efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi reaksi oksidasi-reduksi. Model pembelajaran learning cycle 3E adalah pembelajaran yang dilakukan melalui serangkaian tahap (fase pembelajaran)Fase-fase pembelajaran meliputi: (1) fase eksplorasi (exploration); (2) fase penjelasan konsep (explaination); dan (3) fase penerapan konsep (elaboration). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 13 Bandar Lam- pung tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 239 siswa. Sampel dalam pene- litian ini adalah kelas X 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X 5 sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan cara teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran learning cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Yuliana Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,19 dan 0,52; dan rerata n-Gain penguasaaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,12 dan 0,27. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran learning cycle 3E memiliki keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran learning cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:00 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8978 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |