ERVINA FARAHNAZ, SIMATUPANG (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF (SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN)
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf Download (2422Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full.pdf Restricted to Hanya staf Download (2524Kb) | Minta salinan |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 33 Bandar Lampung sebanyak 192 siswa yang terdiri atas 6 kelas, yaitu kelas VIII-A sampai VIII-F. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas VIII-D sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang didapat dari pretest dan posttest berbentuk uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney U, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Guided Inquiry lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Guided Inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2506238806 Digilib |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 09:42 |
Terakhir diubah: | 27 Jun 2025 09:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89821 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |