PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

ERVINA FARAHNAZ, SIMATUPANG (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN)
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2422Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2524Kb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 33 Bandar Lampung sebanyak 192 siswa yang terdiri atas 6 kelas, yaitu kelas VIII-A sampai VIII-F. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas VIII-D sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang didapat dari pretest dan posttest berbentuk uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney U, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Guided Inquiry lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Guided Inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2506238806 Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2025 09:42
Terakhir diubah: 27 Jun 2025 09:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89821

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir