PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025)

LISYA, SYAFITRI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK - ABSTRACT)
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2252Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN)
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2116Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 267 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas yaitu VIII A sampai VIII I. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 29 siswa dan VIII F yang berjumlah 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2506818588 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:04
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 02:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89922

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir