0613053020, Dona Irawan (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS VC SDN 1 METRO PUSAT. UNSPECIFIED.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (438Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
covr dalam.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (317Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (339Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabe.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto da persembahan.pdf Download (696Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengeshana.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacan.pdf Download (436Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (1977Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (3095Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (2005Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (11Mb) |
||
|
File PDF
bab v.pdf Download (413Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (668Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses belajar mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sebagian besar siswa kelas VC mengalami kesulitan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 29 orang (70,7%) dari 41 orang siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data aktivitas diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes tiap pertemuan. Indikator keberhasilan penelitian adalah apabila keaktifan siswa memperoleh skor rata-rata minimal 2,50 atau termasuk dalam kategori aktif dan jika ≥ 85% dari jumlah siswa mencapai KKM. Hasil observasi aktivitas siswa dengan skor rata-rata pada siklus I yaitu 2,0 dan pada siklus II diperoleh 2,6 serta 3,1 pada siklus III. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I skor 2,5 dan skor 3,0 pada siklus II serta skor 3,4 pada siklus III. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM yaitu 58,5% pada siklus I dan 73,2% pada siklus II serta 90,2% pada siklus III. Simpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VC SDN 1 Metro Pusat tahun pelajaran 2009/2010. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, kooperatif tipe STAD.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:06 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9054 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |