UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS VC SDN 1 METRO PUSAT

0613053020, Dona Irawan (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS VC SDN 1 METRO PUSAT. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (438Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
covr dalam.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (317Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (339Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabe.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto da persembahan.pdf

Download (696Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengeshana.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacan.pdf

Download (436Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab i.pdf

Download (1977Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab ii.pdf

Download (3095Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iii.pdf

Download (2005Kb) | Preview
[img] File PDF
bab iv.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (11Mb)
[img]
Preview
File PDF
bab v.pdf

Download (413Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (668Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses belajar mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sebagian besar siswa kelas VC mengalami kesulitan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 29 orang (70,7%) dari 41 orang siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data aktivitas diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes tiap pertemuan. Indikator keberhasilan penelitian adalah apabila keaktifan siswa memperoleh skor rata-rata minimal 2,50 atau termasuk dalam kategori aktif dan jika ≥ 85% dari jumlah siswa mencapai KKM. Hasil observasi aktivitas siswa dengan skor rata-rata pada siklus I yaitu 2,0 dan pada siklus II diperoleh 2,6 serta 3,1 pada siklus III. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I skor 2,5 dan skor 3,0 pada siklus II serta skor 3,4 pada siklus III. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM yaitu 58,5% pada siklus I dan 73,2% pada siklus II serta 90,2% pada siklus III. Simpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VC SDN 1 Metro Pusat tahun pelajaran 2009/2010. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, kooperatif tipe STAD.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:06
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9054

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir