PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

VALENTINA ENGGAR INDY, LESTANTI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2294Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2226Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 266 siswa yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 dan VIII 7, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa berbentuk uraian. Analisis data menggunakan Mann-Whitney U. Hasil uji analisis data menunjukkan bahwa median peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan problem solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2507906464 Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:04
Terakhir diubah: 25 Sep 2025 03:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90570

Available Versions of this Item

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir